FORUM GROUP DISCUSSION MENUJU LEMBATA 1 DATA

Pemerintah Daerah Kabupatn Lembata dalam hal ini Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lembata bekerja sama dengan Badan Pusat Statistik Kabupaten Lembata menyelenggarakan kegiatan Forum Group Discussion pada Kamis, 20 Juli 2017 bertempat di Aula Kantor Bupati Lembata.

Menyajikan data statistik, Kepala Badan Pusat Statisyik Kabupaten Lembata menyajikan data statistik Kabupaten Lemabata dalam kegiatan Seminar Forum Group Discation ( Foto Dok. Kominfo)

Kepala Bidang Statistik Fredrik Tokan Sukacita,S.S.M.Si dalam laporannya menyebutkan Forum Group Discussi tersebut dilakukan untuk menghasilkan data yang berkualitas menuju Lembata 1 data. Upaya yang dilakukan menurut Freddrik adalah dengan mempublikasikan data tahun 2017 sebagai kerangka dasar Lembata 1 data, serta memotivasi para peserta agar dapat menyediakan data secara baik, benar dan akurat.
Kepala Badan Pusat statistik Kabupaten Lembata Drs. Paulus Puru Bebe dalam Sesi Publikasi Data Statistik Kabupaten Lembata 2016 menyajikan data menurut subyeknya yang terbagi dalam 13 subyek yakni Geografi dan Iklim, Pemerintahan, Kependudukan dan Ketenaga kerjaan, Sosial, Pertanian, Industri, Pertanian dan Penggalian, Perdagangan, Pariwisata, Transportasi dan Komunikasi, Administrasi Pemerintahan dan Perbankkan, Pengeluaran perkapita, Pendapatan Reginal Bruto dan Perbandingan Regional. Menghadapi pemaparan data yang menyita banyak waktu Kepala BPS menghimbau peserta harus tetap mengikuti dengan saksama karena soal data tidak dapat diketahui secara pasti bila tidak mengikutinya secara baik. Dihadapan 84 peserta dan panitia penyelenggara Kepala BPS menginformasikan dalam melaksanakan tugas pendataan ada 3 jenis data utama yakni data dasar, data sektoral dan data khusus. Dengan adanya Forum Group Discussion Kepala BPS mengharapkan berbagai kekurangan data sektoral bisa lebih muda untuk diatasi.
Sebagaimana diliput dilokasi kegiatan, peserta Forum Group Discussion yang seharusnya dihadiri 60 peserta namun mengalami penambahan menjadi 84 orang terdiri dari, instansi Vertikal 29 orang, Organisasi Pemerintahan Daerah 35 orang, Bagian Lingkut Setda 11 orang, BUMN dan BUMD sejumlah 10 orang.
Salah satu peserta Forum Group Discussion dari kecamatan yang tidak mau disebutkan namanya menyatakan, selama ini pemerintah tidak perna menghimpun kita untuk duduk dan berbicara soal data bersama, dan dengan adanya forum diskusi ini maka dirinya optimis upaya menciptakan Lembata satu angka yang disponsori Dinas Kominfo bisa terwujudkatanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *